Yahoo Messenger via WEB Browser, Tapi Hati2..

Siang ini gue dapat info dari si Benx, YM bisa diakses via Web Browser. Linknya http://webmessenger.yahoo.com. RUArrrR Biassaahh… Sangat dinamis, sangat simple. Serasa memiliki YM di dalam browser (ya iyaa laahh..).

Tapi, gue mau ngasih caution buat temen2 yang yang menggunakan YM via Browser ini. Kalo anda menggunakan akses internet di LAN/atau lewat network kantor-kampus, maka bisa2 anda tiba2 login ke akun milik orang lain dalam network anda.

Pengalaman gw nih, pas make ke-2 kalinya. Halaman pertama link tersebut memberikan halaman login memasukan username dan password layaknya email yahoo. Selesai klik “login” masuk ke halaman AJAX yahoo (melihat tampilannya yang dinamis tersebut, gue mengasumsikan menggunakan AJAX – Flash.. maybe.. :p ). Anehnya pas gue check friendlist,..kok ga ada yang gue kenal.. Tapi jelas anak ITB, karena ada group “ITB”-nya (di YM gw aja ga pernah ngelompokin dengan nama ITB ..,.. dasar mahasiswa ga ada bangga2nya ama almameter..)..

LHAA..ternyata setelah lihat user-nya, bukan punya gue. :p Sepertinya punya seorang cewe, kelihatan dari nick nya.. Untung gue laki2 baik, jadi langsung logout. (hihihi…huahahaha.. :ngakak devil: ).

Jadi gini, kemungkinan itu ada masalah dengan cache dari server network lokal ITB (maaf temen2 admin, kalo saya salah.. maaf Pak Bas.. :( ). Karena sesuatu prosedur (yg gw ga tahu napa, cuma tahu dikit2..) , browser itu masih menangkap file2 hasil browser yang masih tersimpan di cache. Cache biasa digunakan sebagai penyimpan temporary untuk file2 hasil browsing. Tujuan cache awalnya sebenarnya untuk mempercepat proses akses, security dan sekaligus mengurangi beban server network tersebut.

Sebenarnya kejadian begini sudah gue alami dari dulu di komputer-komputer dalam ITB. KADANG gue sedang mengakses web yang membutuhkan login, tiba2 setelah masuk ke dalamnya kok malah ke akun orang laen. Biasanya sih Email Yahoo seperti ini, untung gue ga pernah make email YAHOO (GMAIL never Die.. heheh..yeahh… :D ). Gmail ga pernah kejadian begini, karena mereka menggunakan secure access + AJAX interface untuk akses user.

Namun kalo akses web login seperti email dan lain2, masih mendingan dari pada YM via browser ini. Karena setelah masuk ke akun orang di email yahoo contohnya, kalo gue iseng mau baca2 dan lihat2 atau eksekusi lainnya, pasti gue harus klik. Nah ketika klik ini, otomatis reload, dan cache di clearing, sehingga gue masuk ke akun gue sebenarnya. Ohya tambahan, gue pastikan bukan email seseorang yang lupa logout di PC/Laptop gw ini. Karena gue hafal bener sapa2 yang make PC/Laptop ini. :)

Sedangkan YM via browser ini, ketika gue login tadi, masuk ke akun orang laen, eh semuanya sudah seperti berada dalam YM . Tinggal send message ke orang yang di tuju. Jadi deh. . . But, gue blom cek tadi apakah bakal reload apa ngga? Gue kan laki2 baik yang tidak sombong dan jahat mengutak-atik milik orang ..( hihihi..huahaha.. :ngakak gendoruwo: )..

Yah, demikianlahh… info dari gue. Semoga lebih berhati-hati yooo… Jangan lupa ADD ID gue,.. “sheera_36″ (caution : khusus wanita2,..buat cow2, antri dibelakang.. :p )

11 Comments

  1. pantesan beberapa hari ini gua kesini tp gagal melulu. rupanya lagi “beres-beres rumah”. bagus jal desainnya.

    hmm, webmessenger bahaya. meebo nggak bisa. ebuddy nggak ngerti. ym susah masuk.

    kayanya ada yang nggak merestui kita chatting nih.

    Reply

  2. @ikram,..
    iya nih sedang beres2.. :)
    semoga makin enak buat dibaca nantinya.. :D

    Reply

  3. gw nyoba dari kostan, ga bisa..hehehhe

    Reply

  4. hohoho bagus juga.. nice info everyone..

    Reply

  5. >Tapi jelas anak ITB, karena ada group “ITB”-nya

    gmn caranya nampilin group mke web messanger (yahoo mail). soalnya kl gw biasanya cuma nampilin semua nama list di ym gw tanpa pengelompokan dan diurut sesuai abjad…
    mkanya krg enak jg mke yahoo mail

    Reply

  6. Tersesat… anterin pulang dunk heheheehe…

    Reply

  7. webmessenger yahoo, join the room-x dimana? koq gak ktemu2. sory masih awam banget soal-x. THANXZ

    Reply

  8. hallo,,,,gmana cara-x join to room???????

    Reply

  9. @ducati : tidak ada fasilitas Room di webmessenger yahoo :)

    Reply

  10. di webmessenger gak ada fasilitas buat view webcam ya

    Reply

  11. itu web nya di akses dari komputer yang berbeda atau komputer kamu aja ?
    kalo dari komputer yang berbeda bisa jadi itu cache si browser nya yang nyimpen settingan user sebelum kamu.

    sama lah kasusnya kyk friendster.

    Reply

Leave a Reply